Rabu, 05 Juni 2013

Aplikasi perangkat lunak





1.Software aplikasi  adalah perangkat lunak penunjang produktivitas kerja yang memberika peranan dan manfaat dalam optimalisai mutu kerja.

2.Software aplikasi  adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media. suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.
 Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org, yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dibenamkan dalam suatu dokumen pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah.

3.Software aplikasi  adalah suatu program Komputer yang berfungsi untuk melakukan tugas-tugas khusus, seperti membuat Document, memanipulasi foto, membuat laporan keuangan atau merancang rumah. 

4. Software aplikasi adalah program komputer yang mengandalkan perintah-perintah yang disampaikan oleh seorang user atau pengguna komputer agar aplikasi tersebut dapat berjalan sesuai perintah si pengguna tersebut. Software aplikasi dibuat untuk digunakan melakukan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan komputer. Dengan adanya software aplikasi ini seorang User atau pengguna komputer dapat mempermudah pekerjaan mereka secara instant.

5.Software aplikasi merupakan perangkat lunak yang biasa digunakan oleh siapa saja untuk membantu pekerjaannya. Perangkat lunak aplikasi dapat dengan mudah di install di dalam komputer kita.



                                                                                                                                                  1


 Application Software dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu :
  1. Program Aplikasi, Program aplikasi merupakan program yang langsung dibuat oleh seorang programmer yang disesuaikan dengan kebutuhan seseorang ataupun untuk kebutuhan suatu perusahaan, biasanya menggunakan bantuan suatu bahasa pemrograman. Misalnya menggunakan visual basic, PHP ataupun bahasa pemrograman apa saja yang mendukung. Contoh dari program aplikasi adalah : Program penggajian karyawan (Payroll) Program penjualan tiket pesawat/kapal Laut Program kasir Program billing warnet/wartel
  2. Program Paket, Program paket merupakan program khusus dalam paket- paket tertentu yang dibuat oleh software house ataupun langsung bawaan dari suatu Sistem Operasi.Dibawah ini akan diberikan contoh macam-macam program aplikasi paket, yaitu :
  3. Program pengolah kata, contohnya adalah : Microsoft Word, Open Office.org Writter, ChiWritter, Word Perfect, WordStar, K Writter, Amipro, dan lain-lain.
  4. Program pengolah angka, contohnya adalah : Microsoft Excel, Open Office.org Calc, Quattro Pro, Lotus 123, dan lain-lain.
  5. Program presentasi, contohnya adalah : Microsoft Power point, Open Office.org Impres, Magic Point, Corel Presentation, Apple Work, dan lain-lain.
  6. Program design grafis, contohnya adalah : Adobe Photoshop, Corel Draw, Free Hand, Auto Cad, dan lain-lain.
  7. Program browser, contohnya adalah : Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape Communicator.
  8. Program database, contohnya adalah : Microsoft Access, Open Office.org Base, Visual Foxpro, Fox Base, Dbase I- IV, dan lain-lain.
  9. Program animasi, contohnya adalah : Macromedia Flash, Swish, dan lain-lain.
  10. Program multimedia, contohnya : Windows Media Player, WinAmp, Cyberlink, Real Player, DVD Player,
 Software aplikasi terdiri dari :
1. Bahasa pemrograman (programming language)
2. Program aplikasi (Application Program)
3. Program paket / paket aplikasi (packet program)
4. Program utilitas (utility program)
5. Games dan entertainment dan lain-lain

Untuk mendukung operasi software aplikasi di atas tugas pengguna komputer dibagi menjadi :
a. analis system
b. programmer
c. operator
d. administrator database, yaitu orang yang bertugas melakukan definisi dan manipulasi software database. Ini dibutuhkan jika software yang dioperasikan akan menggunakan aplikasi database.
e. administrator jaringan, yaitu orang yang bertugas mengelola software system operasi, software aplikasi yang digunakan dalam sebuah jaringan komputer.                                                                                                                                                      2

 
Dari segi kegunaan dan manfaatnya, dibagi 3 jenis software aplikasi.
Jenis-jenis software aplikasi tersebut adalah :
1. Software aplikasi media pekerjaan
Software aplikasi sebagai media pekerjaan adalah software atau program komputer yang digunakan untuk mempermudah dalam bidang pekerjaan. Contoh software aplikasi dalam mempermudah bidang pekerjaan adalah :
a. Microsoft Office : digunakan dalam pengolahan data seperti pembuatan surat.
b. Corel Draw : digunakan dalam pembuatan logo, kartu nama, design kaos, dan lain lain.
c. PhotoShop : digunakan dalam memanipulasi foto, design brosur, design kaos, design logo dan lain sebagainya.
d. Adobe premiere pro : digunakan dalam penyuntingan video, tanpa aplikasi ini mungkin tidak ada hasil film sebagus seperti sekarang.

2. Software aplikasi media hiburan
Software aplikasi sebagai media hiburan adalah merupakan program yang paling sering digunakan atau dipakai ketimbang aplikasi yang berguna di bidang pekerjaan. Dari fungsi sendiri pastinya teman-teman sudah tau, dan menurut saya tidak perlu diperjelas lagi tentang hal ini, hehe. Contoh aplikasi yang paling dominan pada media hiburan adalah software game.
3. Software aplikasi media komunikasi
Software aplikasi sebagai media komunikasi adalah software yang digunakan seorang pengguna komputer agar dapat saling berhubungan atau berkomunikasi dengan pengguna komputer lain di berbagai tempat maupun berbagai belahan dunia. Sebenarnya mungkin banyak sekali aplikasi yang berfungsi sebagai media komunikasi, namun disini saya hanya akan memperjelas tentang satu program saja.
Contoh dari semua aplikasi media komunikasi salah satunya adalah Yahoo Messengger atau yang sering kita sebut dengan “YM”. Aplikasi ini dapat berbagi obrolan yang berupa beberapa teks atau kalimat dari orang satu ke orang yang lain, namun dengan catatan merka harus saling terhubung satu sama lain. Tidak hanya obrolan melalui teks, mereka juga dapat saling bertatap muka melalui WebCam.
a. Sistem Software
Adalah sekumpulan program yang ditulis untuk melayani atau menunjang program lainnya. Beberapa sistem software seperti compiler, editor, komponen-komponen sistem operasi, driver dan prosesor telekomunikasi.
b. Real Time software
Software yang mengukur, menganalisis dan mengontrol kejadian yang sesungguhnya terjadi di dunia. Elemenelemen real time software terdiri dari :
i. Komponen pengumpul data : yang mengumpulkan dan menyusun informasi dari        lingkungan external.
ii. Komponen analisis : yang mentransformasikan informasi yang diperlukan oleh aplikasi
iii. Komponen kontrol : yang memberikan respon kepada lingkungan external




                                                                                                                                              



 iv. Komponen monitor : yang mengkoordinasi semua komponen-komponen lainnya, sehingga respons real time yang berkisar 1 milisecond sampai 1 menit dapat dipertahankan.Perlu dicatat bahwa istilah real time berbeda dari istilah interactive atau time sharing. Sistem real time harus memberikan respons pada waktu yang ditentukan, sedangkan pada sistem interactive atau time sharing respons time biasanya melebihi batas waktu yang ditentukan tanpa merusak hasil.


3. Business software
Software yang palinmg banyak digunakan dalam bidang aplikasi software. Software ini digunakan oleh manajemen untuk mengambil kepitusan ( Decision Making ) dalam bidang bisnis. Contoh : 
  DAC EASY ACCOUNTING 
 FINANCE MANAJER

4. Engineering and sciencetific software
Software yang dicirikan dengan algoritma numerik, aplikasinya berkisar dari astronomi sampai vulkanologi, dari analis ketegangan otomotif sampai dinamika orbit ruang angkasa. Software ini banyak digunakan dalam bidang engineering dan science. Contoh : 
CAD / CAM ( Computer Aided Design / Computer Aided Manufacture - Ssimulasi sistem )

5. Emdebed software
Suatu software disimpan dalam memori tetap - ROM - Read Only Memory, dan digunakan untuk mengontrol product dan sistem software ini dijalankan dengan berbagai fungsi terbatas.

6. PC software (Personal Computer)
Software yang banyak digunakan di komputer pribadi (PC). Contoh :
  • Word Processing : WS, WP
  • Spreadsheet : Lotus, Supercalc
  • Computer Graphics : Printshop, Print Magic 
  • Games : Paoman, Load Runner
  • DBMS : Dbase III+, Foxbase, Clipper
  • Network : LAN, Novell







                                                                                                                                              



 7. Artificial Intelegence software
Software yang banyak menggunakan algoritma non numerik dalam memecahkan masalah kompleks yang tidak dapat dianalisis dengan analisis komputasi biasa. Saat ini bidang AI yang paling aktif adalah expert system atau knowledge base system. Bidang aplikasi lain dari software AI adalah pengenalan citra dan suara ( image and voice pattern recognition ), teorema pembuktian dan permainan / games.


    Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org, yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dibenamkan dalam suatu dokumen pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah.Aplikasi sistem atau sofware yang dibeli perusahaan dari tempat pembuatnya. Aplikasi akan menggunakan sistem operasi (OS) komputer dan aplikasi yang lainnya yang mendukung. Istilah ini mulai perlahan masuk ke dalam istilah Teknologi Informasi semenjak tahun 1993, yang biasanya juga disingkat dengan app.


Berikut beberapa aplikasi Software yang terdapat di pasaran :
1. Perangkat Lunak Hiburan. Beberapa contoh dari Software ini, yaitu Winamp
untuk mendengar musik, games, dan sebagainya untuk hiburan.

2. Perangkat Lunak Pendidikan. Berguna untuk mempelajari atau mereferensikan
tentang Pendidikan atau Pengetahuan.

3.Perangkat Lunak Bisnis. Software ini berguna untuk aplikasi bisnis, contohnya untuk menangani utang piutang, pencatatan barang, dan sebagainya.

4. Perangkat Lunak Khusus.

5.Perangkat Lunak Produktifitas Kerja. 









                                                                                                                                                  5




Pengertian application software pada software penunjang produktivitas kerja sebagai berikut:

a.Word Processing adalah pengolahan kata untuk membuat dokumen,fungsinya memformat teks agar teks lebih rapi.

b.SpreadSheet adalah sekumpulan sel yang khas.Setiap sel terdiri atas nama baris dinyatakan dengan angka dan nama kolom dinyatakan dengan huruf.contohnya Claris Resolve dariClaris Corporation,Excel dari Microsoft,Lotus 123 dari Lotus,QuatroPro dari Novel Corporation,dll.

c.Dekstop Publishing biasanya digunakan untuk mencetak kartu undangan karena bisa menggabungkan metode dari software lainnya.Contohnya Corel Draw,Frame Maker,Ventura,Indesign,dll.

d.Persentasi Grafik biasanya digunakan untuk membuat bahan persentasi grafik dapat juga ditambahkan fitur-fiturnya.Contohnya StarOffice Impress,FreeLance Grafics,Power Point,dll.

e.Komunikasi software yang berfungsi sebagai alat berkomunikasi antar individu melalui email/surat elektronik contohnya Perfect Office,Outlook Express,Netscape messenger,dll.

f.Personal Information Manager(PIM) yang berfungsi mengelola informasi pribadi,seperti tugas,rekanan/klien,juga keuangan.contohnya Comennce,Lotus Oranganizer,Computer Organizer,dll.

g.Manajemen Data berguna untuk mencatat,memanipulasi,mengambil data lebih cepat dan tepat.Disebut juga DBMS(database managemen sistem) contohnya VisualExpress,Visual Proxpro,Paradox,dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar